Sunday, February 21, 2010

Van der Sar Tak Tergoda Piala Dunia

Posted on 11:59 AM by Agazhw

Manchester - Tak bisa dipungkiri bahwa di usianya yang sekarang Edwin van der Sar tetap merupakan salah satu kiper terbaik Belanda. Meski berpeluang mendapat posisi inti di Piala Dunia, dia tetap kekeuhdengan keputusan pensiunnya dari ajang internasional.

Van der Sar memutuskan untuk mundur dari timnas Belanda seusai Euro 2008. Kiper yang tahun ini akan berusia 40 tahun tersebut menyudahi 13 tahun petualangannya di ajang internasional.

Keputusan mundurnya itu semata-mata karena kondisi fisiknya yang sudah menua, bukan karena performanya yang menurun atau kehilangan tempat inti di skuad Belanda.

Buktinya, pemain bertinggi 1,97 meter ini tetap mampu bermain secara reguler di tim seelit Manchester United sejak 2005. Dalam periode itu dia tiga kali mengankat trofi Liga Inggris dan sekali meraih titel Liga Champions.

Meski sempat absen selama beberapa pekan karena cedera dan istrinya yang mengalami pendarahan, Van der Sar juga tetap bercokol di tempat utama pada musim ini. Dia tercatat telah melakukan 30 penyelamatan dan lima kali 
clean sheet.


Dengan penampilannya yang sebaik itu, pelatih Belanda, Bert van Marwijk pun tentu berharap Van der Sar dapat terlibat di Afrika Selatan pada musim panas nanti. Apalagi jika mengingat kiper Belanda lainnya macam Maarten Stekelenburg, Michel Vorm, dan Piet Velthuizen masih berada di bawah level mantan pemain Ajax dan Juventus tersebut.

Namun itu tidak membuat Van der Sar tergoda. Dia tetap bersikukuh dengan keputusannya untuk tidak lagi terjun di ajang internasional.

"Saya tidak akan pergi ke Piala Dunia bersama Belanda. Saya telah membuat keputusan ini setelah laga kualifikasi Piala Dunia melawan Norwegia dan saya tidak akan mengubah pendirian ini," ujarnya kepada
Algemeen Dagblad.

"Itu semua yang ingin saya katakan. Sekarang waktunya bagi kiper-kiper seperti Maarten Stekelenburg untuk membuktikan bahwa mereka pantas sebagai penjaga gawang Belanda." (
fjp/fjp)
Gambar
Reuters

dikutip dari detiksport.com

No Response to "Van der Sar Tak Tergoda Piala Dunia"

Leave A Reply