Sunday, February 21, 2010

Kebudayaan daerah jakarta

Posted on 8:29 PM by Agazhw


Jakarta adalah ibu kota Indonesia, negara tercinta. tentunya didalam ibukota sendiri memiliki kebudayaan asli yang menjadi ciri khas kota tersebut. terutama di Jakarta, dimana banyak orang yang ingin datang mencoba peruntungan di kota besar ini. namun banyak yang dilupakan oleh warga maupun pemerintahan bahwa JAKARAT JUGA MEMILIKI KEBUDAYAAN YANG PERLU DILESTARIKAN. banyak kebudayaan kota jakarta. dimana suku asli yang tinggal dijakarta adalah suku betawi. Suku Betawi berasal dari hasil kawin-mawin antaretnis dan bangsa di masa lalu. Secara biologis, mereka yang mengaku sebagai orang Betawi adalah keturunan kaum berdarah campuran aneka suku dan bangsa yang didatangkan oleh Belanda ke Batavia. Apa yang disebut dengan orang atau suku Betawi sebenarnya terhitung pendatang baru di Jakarta. Kelompok etnis ini lahir dari perpaduan berbagai kelompok etnis lain yang sudah lebih dulu hidup di Jakarta, seperti orang Sunda, Jawa, Arab, Bali, Sumbawa, Ambon, Melayu dan Tionghoa.
keunikan suku ini banyak salah satunya yaitu ondel-ondel, logat berbicara(yang banyak dibilang orang kampungan), makanan serta rumah dan tarian. dijakarta ada tempat membudiyakan kebudayaan betawi salah satunya yaitu setu abbakan terdapat didaerah jakarta selat.
Dalam bidang kesenian, misalnya, orang Betawi memiliki seni Gambang Kromong yang berasal dari seni musik Tionghoa, tetapi juga ada Rebana yang berakar pada tradisi musik Arab, Keroncong Tugu dengan latar belakang Portugis-Arab,dan Tanjidor yang berlatarbelakang ke-Belanda-an. Saat ini Suku Betawi terkenal dengan seni Lenong, Gambang Kromong, Rebana Tanjidor dan Keroncong.
Sifat campur-aduk dalam dialek Betawi adalah cerminan dari kebudayaan Betawi secara umum, yang merupakan hasil perkawinan berbagai macam kebudayaan, baik yang berasal dari daerah-daerah lain di Nusantara maupun kebudayaan asing. Dalam bidang kesenian, misalnya, orang Betawi memiliki seni Gambang Kromong yang berasal dari seni musik Tiongkok, tetapi juga ada Rebana yang berakar pada tradisi musik Arab, Keroncong Tugu dengan latar belakang Portugis-Arab,dan Tanjidor yang berlatarbelakang ke-Belanda-an.
Secara biologis, mereka yang mengaku sebagai orang Betawi adalah keturunan kaum berdarah campuran aneka suku dan bangsa. Mereka adalah hasil kawin-mawin antaretnis dan bangsa di masa lalu. sayangnya walau sebagai penduduk asli kota jakarta kebudayaan yang begitu bagus terabaikan oleh pemerintah.
pada masa kejayaan suku betawi dipelopori oelh benyamin sueb. siapa yang tidak mengenal beliau. beliau yang secara tekun dan tidak malu mengakui kebudayaan betawi.
referensi: google

1 Response to "Kebudayaan daerah jakarta"

Leave A Reply