Saturday, February 20, 2010

Troubleshooting touchpad yang tidak berfungsi di linux

Posted on 9:30 PM by Agazhw

touchpad
touchpad
Touchpad adalah area pada notebook/netbook (biasanya terletak di bawah area keyboard) yang fungsinya untuk menggantikan fungsi dari mouse.
Jika kamu menggunakan sistem operasi Windows, biasanya touchpad otomatis terdeteksi. Jika tidak, tinggal download drivernya (biasanya bernama synaptics pointing device) dan install. Di windows biasanya masalah hardware gampang diatasi asal bukan hardwarenya yang rusak (kalau pakai Mac malah semua hardware sudah pasti akan terdeteksi).
Lain halnya jika menggunakan Linux, di beberapa notebook touchpadnya terkadang tidak oromatis terdeteksi. Contohnya ialah pada laptop Axioo Zetta TEC8162 yang saya gunakan. Saya pernah mencoba distro OpenSuse, Ubuntu, dan Fedora tetapi tidak ada yang mampu mendeteksi touchpad laptop saya secara otomatis. Untuk Axioo tipe lain saya kurang tahu apakah bisa otomatis mendeteksi touchpad atau tidak. Namun jika laptop Anda mengalami masalah yang sama dengan saya, bisa dicoba trik saya ini.

No Response to "Troubleshooting touchpad yang tidak berfungsi di linux"

Leave A Reply