Sunday, February 21, 2010

Jangan Undang Stres

Posted on 7:57 PM by Agazhw

Banyak orang bilang, tanpa stres, hidup kurang bergairah. Sedikit ‘guncangan’ dalam hidup, akan membangkitkan semangat. Karena itu, banyak orang melakukan hal-hal yang membangkitkan adrenalin, seperti melakukan olahraga berbahaya atau ‘bermain-main’ dengan limit kartu kredit.
Sah-sah saja memelihara stres kalau memang bisa mengatasi segala kerumitan dan permasalahan yang muncul dari stres yang diundang itu. Namun, bila tidak bisa meng-handle-nya, stres bisa muncul dalam wajah yang lebih ganas, seperti depresi dan gangguan kejiwaan yang lain, bahkan tindak bunuh diri, seperti yang terjadi pada beberapa orang terkenal di dunia.
Menurut catatan depression-guide.com, orang terkenal di seluruh dunia yang terkena stres berat hingga menderita depresi: kalangan penulis 72%, seniman 42%, politisi 41%, intelektual 36%, komposer 35%, dan ilmuwan 33%.
Almarhum Lady Diana, misalnya, menghadapi protokol Istana Buckhingkam yang begitu ketat, dan suami yang melirik wanita lain, sempat stres berat hingga mengalami bulimia. Karena stres berat pula, ia pernah menjatuhkan diri dari tangga sewaktu hamil anak pertama. Orang menyangka ia hanya menarik perhatian, padahal perbuatannya dipicu oleh stres berat.
Penyanyi Sheryl Crow, mengaku mengalami depresi berat cukup lama karena dilanda ketakutan meninggal sewaktu tidur, sehingga sulit tidur. Namun, akhirnya rasa cemas itu bisa ditanggulanginya.
Lalu ada Kurt Cobain, personel Nirvana, yang menembak dirinya sendiri karena menderita depresi akut yang diperburuk dengan obat-obatan terlarang.
Ada orang yang tidak bisa mengatasi rasa cemas atau takutnya akan sesuatu sehingga mengalami stres, dan kalau sudah menjadi gangguan menjurus pada depresi. Karena itu, berbahagialah orang yang bisa mengatasi rasa takut dan cemasnya.
kompas.com

No Response to "Jangan Undang Stres"

Leave A Reply