Monday, May 24, 2010

Program factorial pada python

Posted on 8:57 PM by Agazhw

Kali ini saya akan menjelaskan cara membuat program factorial sederhana menggunakan beberapa fungsi. Fungsi sendiri dipakai untuk mengumpulkan beberapa perintah yang sering dipakai dalam sebuah program. Dengan memakai fungsi, program yang kita buat menjadi lebih terstruktur. Lebih mudah diikuti oleh orang lain yang membaca program kita. Dan yang paling penting adalah mempersingkat waktu yang kita perlukan untuk mengembangkan suatu perangkat lunak. Karena perangkat lunak yang kita buat, bisa jadi memakai komponen-komponen yang sama. Pernyataan def dipakai untuk mendeklarasikan fungsi. Sedangkan pernyataan return dipakai untuk mengembalikan suatu nilai kepada bagian program yang memanggil fungsi. Bentuk dasar untuk mendeklarasikan fungsi adalah sebagai berikut:



def nama_fungsi(arg1, arg2, arg3,...,argN):
perintah-perintah
return nilai_balik




-dari fungsi diatas bisa dilihat bahwa factorial(n) bisa dihitung dari factorial(n-1), factorial(n-1) bisa dihitung dari factorial (n-2),dan seterusnya.
-Untuk menghitung factorial(n), maka fungsi memanggil nilai factorial(n-1) yang telah diperoleh,
-demikian juga untuk menghitung nilai factorial(n-1), maka fungsi harus memanggil nilai factorial(n-2), dan seterusnya.
-Notasi factorial(n-1) yang digunakan untuk memanggil nilai fungsi sebelumnya sering disebut pemanggil rekursi (recursion call). Rekursi dijalankan dengan jumlah n yang semakin menurun. factorial(n-1) artinya rekursi dengan jumlah n yang semakin menurun.
-for n in range(11): -> artinya adalah program ini berjalan dalam rentang batas maksimal 10 factorial yang akan ditampilkan. Dalam kasus ini n sebagai variablenya.
-print ('%2d!=%d'%(n,factorial(n)) -> perintah berikut berfungsi untuk mencetak nilai factorial.
“%2d!=%d” -> maksudnya adalah akan mencetak 2 bilangan decimal setelah koma, dan hasilnya adalah bilangan decimal juga.
%(n,factorial(n)) -> akan mencetak nilai dari variable n atau hasil dari factorial.


Output program factorial:

1 Response to "Program factorial pada python"

Leave A Reply