Tuesday, May 18, 2010

Manusia & Cinta Kasih

Posted on 8:51 PM by Agazhw

“Hidup tanpa cinta itu kosong.” Cinta amat penting dalam kehidupan manusia. Belumlah sempurna hidup seseorang jika dalam hidupnya tidak pernah merasakan apa artinya cinta, karena hidup manusia di dunia tidak sendiri, melainkan selalu melibatkan pihak lain.
Dalam diri manusia terdapat dua sumber kekuatan yang menggerakkan manusia untuk berbuat dan bertingkah laku, termasuk untuk mencinta dan dicinta. Dua sumber yang dimaksudkan adalah akal dan budi di satu pihak, dan di pihak lain adalah nafsu.


Apa yang Membuat Kita Pertama Kali Tertarik kepada Orang Lain?
Kedekatan fisik tidak menjamin bahwa kita akan membangun hubungan positif dengan seorang individu. Keakraban dapat menumbuhkan kebencian, tetapi keakraban adalah kondisi yang diperlukan untuk terbangunnya suatu hubungan dekat.

Burung yang sejenis akan terbang bersama. Penelitian tentang hubungan dekat adalah bahwa kita suka berkumpul dengan orang yang memiliki kesamaan dengan kita. Teman kita, begitu juga kekasih kita, lebih banyak memiliki kesamaan sikap, perilaku, dan karakteristik, seperti kepribadian, kecerdasan, nilai-nilai, gaya hidup, daya tarik fisik, dll.

Orang yang tidak mirip atau tidak sama dengan kita akan lebih tidak mudah untuk kita kenali. Kita akan lebih dapat mengontrol orang lain yang sama dengan kita, yang sikapnya dan perilakunya dapat kita prediksi. Implikasi dari kesamaan adalah kita akan menikmati interaksi dengan orang lain dalam kegiatan yang saling menguntungkan, yang mana sebagian besar memerlukan pasangan dengan perilaku dan sikap yang sama.
Wajah Cinta

Cinta mengacu pada perilaku manusia yang sangat luas dan kompleks. Klasifikasi umum menggambarkan bentuk cinta terdiri dari persahabatan, cinta yang romantis, dan cinta yang penuh afeksi atau kebersamaan.

Persahabatan
Persahabatan adalah suatu bentuk hubungan dekat yang melibatkan kenikmatan (kita suka menghabiskan waktu dengan sahabat kita), penerimaan (kita menerima teman kita tanpa mencoba mengubahnya), kepercayaan (kita menganggap seorang teman akan bertindak untuk kepentingan kita yang paling baik), saling menolong, menceritakan rahasia, mengerti, spontanitas (kita merasa bebas untuk menjadi diri sendiri di depan seorang teman).

Cinta yang Romantis (Romantic Love) / Eros Peneliti cinta yang terkenal, Ellen Berscheid (1988) mengatakan bahwa cinta romantis inilah yang kita maksudkan ketika kita mengatakan “jatuh cinta” dengan seseorang.
Cinta yang romantis adalah alasan utama kita untuk menikah. Pada tahun 1967 suatu penelitian menunjukkan bahwa laki-laki akan terus tidak menikah jika mereka “tidak jatuh cinta”, sebaliknya perempuan lebih memilih tidak memutuskan atau bahkan tetap akan menikah meskipun tidak mencintai calon suaminya (Kephart, 1967).

Cinta yang Penuh Afeksi/Kebersamaan Ini adalah tipe cinta yang terjadi ketika hasrat individu untuk berada dekat dengan orang lain dan melibatkan perasaan yang dalam dan sayang terhadap orang tersebut.

Segitiga Cinta Sternberg




                        |  Gairah | Keintiman | Komitmen |

Kekanak-kanakan                        ada          tak ada         tak ada
Cinta Penuh Kebersamaan          tak ada    ada               ada
Cinta Konyol                                 ada          tak ada         ada
Cinta yang Sempurna                  ada          ada               ada

Jika hanya ada gairah, maka hanya nafsu yang terjadi, hal ini yang terjadi dalam suatu perselingkuhan. Jika hubungan memiliki keintiman dan komitmen, tetapi sedikit gairah atau bahkan tidak ada, maka cinta penuh afeksi terjadi – sebuah pola cinta yang sering ditemukan pada pasangan bahagia yang telah menikah bertahun-tahun lamanya. Jika gairah dan komitmen ada, tetapi keintiman tidak ada, Sternberg menyebut hubungan itu sebagai cinta yang konyol (fatuous love), terjadi saat seseorang memuji orang lain dari jauh. Jika ketiga komponen cinta ada, maka tipe cinta itu dinamai Sternberg sebagai cinta sempurna (consummate love).
Sumber:majalahmeditao.com

No Response to "Manusia & Cinta Kasih"

Leave A Reply